sejarah sepakbola ini faktanya

sejarah sepakbola ini faktanya


Bicara tentang sepakbola tidak lepas dari sejarahnya agar kita tau dan menambah wawasan untuk olahraga yang paling populer di jagat raya ini, nah untuk itulah kita akan membahas tentang sejarah sepakbola ini faktanya pasti pada penasaran kan? Baik ketimbang pada penasaran terus pantengin aja dan ikutin terus ulasan kita disini.



sejarah sepakbola ini faktanya


Sepakbola adalah salah satu olahraga yang sangat digemari oleh banyak orang di dunia ini Hal itu dapat dibuktikan dengan banyaknya penonton yang menyaksikan suatu pertandingan sepakbola yang sedang berlangsung.
Akan tetapi, belum banyak yang tahu sebenarnya bagaimana sejarah munculnya olahraga sepakbola? Berawal dari apa sehingga sepakbola tercipta? Pasti banyak yang penasaran untuk mengetahui hal tersebut tentunya. Karena itulah kita bakal memberitahukan lima fakta dari sejarah munculnya olahraga sepakbola.
Berikut lima fakta sejarah munculnya olahraga sepakbola, mengutip dari Historyextra:
dan langsung saja simak sejarah sepakbola ini faktanya yuk lanjut;



sejarah sepakbola ini faktanya


Laga Inggris vs Skotlandia Jadi Pertandingan Internasional Pertama
Pertandingan sepakbola yang mempertemukan antara Inggris dengan Skotlandia sudah berlangsung di London sejak 1870 hingga 1872. Akan tetapi, pertandingan internasional yang resmi baru pertama kali dimainkan pada 1872 di lapangan kriket Skotlandia Barat. Laga tersebut berlangsung di hari perayaan St Andrew.
Pada laga resmi yang bertaraf internasional itu, pertandingan sepakbola tersebut disaksikan oleh 4.000 pasang mata. Menariknya, laga itu berakhir dengan tak ada menang dan kalah lantaran skor akhirnya adalah 0-0.



sejarah sepakbola ini faktanya


Perkembangan Peraturan Sepakbola
Peraturan di dunia sepakbola paling terkenal terjadi pada tahun 1863. Akan tetapi ternyata sebelumnya sudah undang-undang yang mengatur jalannya suatu pertandingan sepakbola. Seperti yang telah dilakukan di Cambridge yang mana mereka telah mengkodifikasi undang-undang dan beberapa klub bermain di bawah aturan itu enam tahun sebelumnya, yakni pada 1857. Barulah pada 1877 kedua peraturan itu digabungkan.
Lalu kompetisi pertama Piala FA yang berlangsung pada 1871-1872 semakin populer di Inggris. Disinyalir sejak saat itulah baru dimulai pembentukan Liga Sepakbola pada 1888.



sejarah sepakbola ini faktanya


1863 Jadi Tahun Diresmikannya 14 Peraturan Baru
14 peraturan baru telah diresmikan pada tahun 1863. Peraturan itu merupakan tonggak dimulainya perkembangan olahraga sepakbola. Pasalnya dari 14 peraturan itu, salah satu di antaranya adalah membahas panjang dari lapangan yang bakal dipakai.
Selain itu, ukuran gawang pun telah ditetapkan pada tahun tersebut serta skema awal dari peraturan offside. Akan tetapi, terkait jumlah pemain yang bakal diturunkan dalam satu pertandingan belum ditentukan pada saat itu.



sejarah sepakbola ini faktanya


Awal Mula Olahraga Sepakbola
Cikal bakal olahraga sepakbola sudah muncul sejak di abad pertengahan. Namun pada saat itu permainan dimainkan dengan cara sekelompok orang berusaha memindahkan bola dari satu ke desa lainnya.
Pada awal abad ke-19, baru dimulailah sepakbola namun dengan peraturan masing-masih wilayah. Karena peraturan yang berbeda-beda itu, membuat pertandingan antar wilayah/kelompok menjadi sulit untuk dilakukan.



sejarah sepakbola ini faktanya


Pertama Kalinya Asosiasi Sepakbola Dibentuk
Oktober 1863 adalah masa di mana kunci perkembangan olahraga sepakbola terjadi. Pasalnya pada tahun tersebut, beberapa perwakilan sekolah serta klub bertemu di suatu tempat di London. Mereka membicarakan untuk membentuk asosiasi sepakbola.
Dari sanalah suatu kompetisi pun dibentuk. Hasil dari pertemuan tersebut menyepakati beberapa peraturan resmi, di mana salah satunya adalah setiap orang boleh bermain sepakbola.





Sekian dulu pembahasan kita kali ini mengenai sejarah sepakbola ini faktanya jika ada yang mau ditambahkan atau ada yang mau ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar ya dan artikel ini bisa anda download silahkan diklik sejarah sepakbola ini faktanya berbentuk file pdf.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan jika ada pertanyaan dan beri tanggapan anda dengan berkomentar disini ...